Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Buat anda yang baru lulus sekolah atau baru di wisuda dan sedang mencari pekerjaan tentunya anda sangat memerlukan surat lamaran kerja untuk mendaftarkan diri atau memasukan permohonan ke setiap perusahaan yang sedang ada lowongan kerja.

Tentunya anda semua sudah tahu bahwa Surat Lamaran Pekerjaan merupakan sebuah surat yang sengaja di buat dan dikirimkan oleh seseorang yang sedang ingin bekerja di sebuah perusahaan. Terdapat bagian-bagian penting ketika membuat surat lamaran kerja diantaranya yaitu :
  • Kepala surat
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Hal atau perihal
  • Alamat tujuan
  • Salam pembuka
  • Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
  1. paragraf pembuka
  2. isi surat
  3. paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Dan berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk semua bidang pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS
Jakarta, 4 Maret 2012

Kepada yth :
Bapak/Ibu Menteri Keuangan
 ………………
di -
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama :
Tempat, tgl lahir :
Usia pada tanggal 01/01/2012: ... Tahun, ... bulan
Jenis kelamin :
Agama :
Pendidikan/Jurusan : S-1 ....
Alamat :
Nomor telepon/HP :

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan, dengan jabatan  ......... (kode jabatan : ….)
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :

1. Foto copy Ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar,
2. Pas photo ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar,
3. Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.


Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Tanda Tangan)

Contoh Surat Lamaran Kerja Karyawan / Staff
Bandung, 22 Maret 2012
Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan
DISTRO LOKERs


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.
Saya tamatan SMA, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.
Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :

        Foto Copy Ijazah Terakhir : 1 Lembar
        Pas Photo 4 x 6 : 1 Lembar
        Foto Copy KTP : 1 Lembar
        Daftar Riwayat Hidup : 1 Lembar


Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Salahudin

Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Bank / Teller
Jl. Loker Terbaru No 13
Tambunan, Jakarta 12345

20 Februari 2012

Yth;
Bpk. Gayus Tambunan
Direktur Personalia
PT. Bank Mandi Ri
Jl. Pelajar Malas No 13
Jakarta 34567


Dengan hormat,

Bapak Steve Job, kepala cabang Bank Bank Mandi Ri Depok, yang merupakan sahabat dari orang tua saya, menyarankan untuk menulis surat kepada bapak, mengenai kemungkinan adanya kebutuhan karyawan baru sehubungan dengan akan dibukanya cabang Bank Mandi Ri di daerah Aneka Warna, Jakarta Pusat. Bilamana memang benar, sudilah kiranya Bapak memberikan kesempatan kepada saya untuk mengisi kebutuhan tersebut.

Seperti tertulis dalam resume terlampir, saya adalah lulusan Fakultas Keuangan Dan Perbankan Universitas Tri Sakti Jakarta tahun 2004. Saya telah bekerja paruh waktu selama 4 bulan terakhir sebagai cashier di toko elektronik Engadget, Jakarta Pusat.


Saya mampu mengoperasikan komputer untuk melakukan pengolahan data maupun pembuatan laporan menggunakan MS Excel, MS Word dan PowerPoint, dan saya bersedia menggunakan kemampuan saya tersebut untuk pekerjaan administrasi.

Saya sangat ingin untuk bertemu Bapak dalam suatu kesempatan wawancara, dimana saya dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Saya dapat dihubungi di nomor telepon 081-12345678.

Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,


Salahudin

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang saya punyai, semoga kendala anda dalam hal membuat sebuah lamaran pekerjaan dapat teratasi oleh contoh di atas.