Kumpulan Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi merupakan sebuah surat yang berisikan pesan pribadi yang ditujukan untuk seseorang baik itu untuk teman, sahabat, guru, orang tua dan yang lainnya. Dalam membuat sebuah surat pribadi biasanya tidak ada batasan atau aturan-aturan dan selalu menggunakan bahasa yang beragai, ada bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa jawa, bahasa sunda.

Namun kiranya ketika anda membuat surat pribadi anda harus memikirkan poin-poin seperti dibawah ini.

Alasan Kenapa Anda Menulis Surat
Penting bagi Anda untuk memikirkan alasan mengapa Anda menulis surat tersebut. Apa yang Anda ingin sampaikan? Dengan adanya sesuatu yang ingin disampaikan dalam pikiran Anda, hal itu akan memungkinkan pembaca tahu persis apa yang ingin Anda katakan dengan cara yang tepat.
Buat Surat Yang Kedengarannya seperti Langsung Diceritakan oleh Anda
Ketika menulis surat akan lebih baik jika Anda membuat surat pribadi seolah-olah Anda sedang berbicara dengan seseorang. Pastikan bahwa surat yang Anda buat terdengar seperti saat Anda akan mengatakan jika Anda berbicara dengan seseorang secara pribadi.
Intonasi/Nada Surat
Beberapa surat akan lebih sentimental sedangkan yang lain akan lebih formal namun berurusan dengan masalah pribadi. Cara terbaik untuk membuat surat dengan nada yang benar adalah mempertimbangkan siapa penerimanya. Jika orang yang menerima surat itu adalah teman dekat lama kemudian nada dapat sentimental dan memancarkan kedekatan antara kedua belah pihak. Di sisi lain, jika surat pribadi yang dikirim ke kenalan biasa, maka nada mungkin sedikit lebih formal di dalamnya.
Berikut ini adalah beberapa kumpulan contoh surat pribadi yang bisa anda gunakan sebagai sumber referensi.

Contoh Surat Pribadi Kepada Teman
Tasikmalaya, 11 Februari 2013

Santana

Jln. Cendana No. 12
Jakarta Pusat 10110


Apakabar Santana? Semoga kamu dalam kondisi sehat-sehat saja disana. Surat ini saya kirimkan untuk menanyakan kabar kamu. Saya sangat berharap bahwa hari-hari kamu di kota Jakarta baik-baik saja.

Tau nggak San, sebenarnya aku sudah kangen banget sama kamu. Pengen tau wajah kamu yang sekarang kaya apa. Ngga terasa ternyata kita udah lumayan lama ngga pernah bertatap muka. Di Jakarta pasti banyak perubahan yang terjadi sama kamu. Semoga kamu tetap mengingatku sebagai seorang sahabat yang selalu merindukanmu.

Aku berencana untuk mengunjungi kamu disana akhir bulan ini. Ngga sabar pengen ketemu sama kamu.

Tunggu aku ya.. kalau ngga ada halangan akhir bulan ini aku pasti nyampe sana.

Udah dulu ya Yan.. Jaga diri baik-baik. Jangan sampai sakit. Sampai ketemu di Jakarta :)

Ttd,

Salahudin

Tasikmalaya, 5 Januari 2013
Sahabatku Yanto
Jalan Anggrek 10
Bogor

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hallo, apa kabar, baik-baik saja kan Kamu? Aku dan keluargaku dalam keadan sehat walafiat. Mudah- mudahan kabarmu juga seperti itu.
Aku kangen sekali padamu dan keluargamu.
Yan, Maret aku sudah mulai libur, apa kamu punya rencana liburan ke luar kota? kalau tidak Aku ingin berkunjung ke rumahmu. Aku ingin melihat indahnya keindahan kota Bogor dan berlibur bersamamu. Tunggu kedatanganku ya Yanti.

Sekian dulu surat dariku kapan-kapan kita sambung lagi. Kutunggu balasan suratmu.

wassalamualaikum Wr. Wb.

Sahabatmu,


Salahudin

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua
Kepada Yth,
Ayahanda dan Ibunda
Di
Tasikmalaya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Singkat saja untuk ketahuan Ayahanda dan Ibunda bahwa Ananda disini dalam keadaan sehat walafiat, semoga Ayahanda dan Ibunda serat adik - adik saya dirumah dapat mengalami hal yang sama pula, Amin.
Ayahanda dan Ibunda, surat yang Ananda kirimkan lewat teman ini, sekedar Ananda mau beri tahu Ayahanda dan Ibunda bahwa hari ini Ananda telah menyelesaikan ujian dengan baik. Untuk itu pada liburan minggu depan Ananda rencana pulang ke Sorong, jika Ayahanda dan Ibunda mengizinkan.

Itu saja yang ingin Ananda sampaikan kepada Ayahanda dan Ibunda.


New York, 1 Mei 2013
Ananda


Salahudin
Semoga dengan diberikannya contoh surat pribadi diatas dapat membantu anda semuanya.